Pages

Senin, 12 Oktober 2015

OSCM Tugas 5



TUGAS INDIVIDU 5
Produk yang dipilih adalah produk vaksin pentabio, vaksin adalah sebuah virus / bakteri yang dilemahkan yang dimasukan kedalam tubuh kita agar tubuh mengenal lebih awal sehingga mampu membentuk antibody untuk melawan virus/bakteri tersebut. Pentabio adalah DTP – HB – Hib (Jerap difteri, tetanus, pertussis, hepatitis b recombinan, haemopjilus influenza tipe-b) berupa suspensi homogeny yang mengandung toksoid tetanus dan difteri murni, bakteri pertusis(batuk rejan) inactive, antigen permukaan hepatitis b murni yang tidak infeksius, dan komponen Hib sebagai vaksin bakteri sub unit berupa kapsul polisakarida haemophilus influenza tipe b tidak infeksius yang dikonjugasikan kepada protein toksoid tetanus.
1.      Sebut dan jelasakanlah secara rinci factor-faktor yang mempengaruhi pemilihan proses dalam bisnis anda
Jawaban :
·         Market Condition and competition
Kondisi pasar dan pesaing sangat mempengaruhi dalam pemilihan proses. Kondisi pasar vaksin sangat bervariasi dan tidak mudah ditebak. Tergantung kondisi penyakit yang menyerah di daerah tersebut. Competitor akan saling bersaing untuk mendapatkan pasar. Misalnya untuk pasar vaksin negara-negara muslim dibutuhkan bahan baku yang halal.
·         Labor supply and cost
SDM  juga sangat berpengaruh dalam pemilihan proses, semakin efektif SDM maka akan semakin besar pendapatan perusahaan.
·         Management skill
Skill dalam management dibutuhkan untuk mempercepat proses produksi dan distribusi produk. Semakin cepat proses produksi dan distribusi maka semakin cepat pula perputaran uang yang dihasilkan perusahaan.
·         Material supply and cost
Supply material harus dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga yang serendah mungkin agar pendapatan perusahaan dapat meningkat
·         State of technology
Teknologi dapat menjadikan proses produksi semakin cepat. Dapat menggantikan SDM dan bekerja selama 24 jam. Semakin canggih technologi yang digunakan maka peluang produk terkontaminasi semakin kecil, maka keampuhan produk akan semakin besar.

2.      Mengacu pada alternative karakteristik aliran produk (Barang/jasa) dalam bisnis anda, sebut dan jelaskan secara rinci jenis proses yang anda pilih
Jawaban :
Proses aliran produk yang akan dipilih adalah project flow, karena untuk menghasilkan vaksin yang berkualitas dibutuhkan kreativitas yang sangat tinggi, pekerjaan yang tidak saling menunggu dan harus mempunyai scheduling yang sangat terjadwal antara produksi, distribusi dan research.

3.      Berikan gambaran umum aliran proses (layanan) dalam sebuah OPC dan sebuah FPC?
Jawaban :


4.      Coba anda sebutkan, jelaskan dan hitung prosentase prakiraan muatan komponen barang dan jasa yang anda tawarkan bagi pelanggan anda
Jawaban :


5.      Coba Jelaskan apakah layanan (produk) yang anda proses memuat sosiotechnical design? Sebut dan jelaskan!
Jawaban :

6.      Susunlah Sebuah SOP untuk sebuah rangkaian kegiatan dalam satu pekerjaan?
Jawaban :

7.      Pilihlah sebuah tugas – pekerjaan yang mencakup serangkaian tugas dari awal hingga akhir pekerjaan. Dianjurkan agar tugas – pekerjaan tersebut berada dalam lingkup profesi yang anda kerjakan sehari – hari.
Jawaban :

8.      Rincilah dan sajikan rangkaian kegiatan tersebut dalam sebuah format SOP yang meliputi 10 poin sebagaimana format yang telah dijelaskan.
Jawaban :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About