Pages

Senin, 12 Oktober 2015

OSCM Tugas 3



TUGAS INDIVIDU 3
Produk yang dipilih adalah produk vaksin pentabio, vaksin adalah sebuah virus / bakteri yang dilemahkan yang dimasukan kedalam tubuh kita agar tubuh mengenal lebih awal sehingga mampu membentuk antibody untuk melawan virus/bakteri tersebut. Pentabio adalah DTP – HB – Hib (Jerap difteri, tetanus, pertussis, hepatitis b recombinan, haemopjilus influenza tipe-b) berupa suspensi homogeny yang mengandung toksoid tetanus dan difteri murni, bakteri pertusis(batuk rejan) inactive, antigen permukaan hepatitis b murni yang tidak infeksius, dan komponen Hib sebagai vaksin bakteri sub unit berupa kapsul polisakarida haemophilus influenza tipe b tidak infeksius yang dikonjugasikan kepada protein toksoid tetanus.
1.      Pililah sebuah produk (barang atau jasa) yang anda ketahui ?
Jawaban :
Karakteristik vaksin pentabio adalah yaitu terbuat dari virus yang dilemahkan, tidak kuat berada pada suhu panas, rentan terkena kontaminasi, cara memasukan vaksin pentabio dengan cara disuntik sehingga tidak semua orang bisa melakukannya, terdapat 5 buah penyakit yang disatukan dalam 1 buah vaksin yaitu difteri, tetanus, pertussis, hepatitis b recombinan, haemopjilus influenza tipe-b.
2.      Sebut dan jelaskan, apakah produk tersebut memiliki distinctive capabilities yang unggul daripada pesaingnya ?
Jawaban :
Distinctive capabilities produk di bandingkan dengan pesaingnya adalah :
·         Menggunakan sistem GMP dan lulus qualifikasi WHO dalam proses produksi pembuatan vaksinnya.
·         Karena Biofarma merupakan negara yang mayoritasnya beragama islam, maka bahan baku yang digunakan menggunakan bahan yang halal, sehingga negara-negara islam yang lain lebih percaya pada vaksin pentabio buatan biofarma.
·         System distribusinya menyebar diseluruh dunia dan bekerjasama dengan distributor pembuat vaksin di negara tersebut
·         Membuat organisasi program kemandirian vaksin bersama negara-negara islam yang mempermudah dalam kerjasama distribusi dan pembelian vaksin melalui organisasi tersebut.

3.      Apakah produk tersebut memiliki kemampuan superior to competition, atau difficult to duplicate, ataukah applicable to multiple competitive situation jelaskan alasannya ?
Jawaban :
Produk Pentabio buatan produk biofarma memiliki kemampuan sebagai berikut :
·         Difficult to duplicate
Produk pembuatan vaksin pentabio akan sulit untuk ditiru karena dalam proses pembuatan dan bahan baku dirahasiakan oleh perusahaan dan riset untuk mendapatkan formula tersebut dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun beserta dengan pengujian kepada manusia.
·         Applicable to multiple competitive situation
Virus dan bakteri akan terus bermutasi dan menimbulkan penyakit dan efek penyakit yang baru. Pada situasi ini inovasi dan kreatifitas dalam penelitian dibutuhkan. Dan perusahaan telah mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan penelitian penyakit yang diprediksi akan muncul dan bermutasi dalam divisi reaserch and development.
4.      Jelaskan pula bagaimana agar produk tersebut tetap memiliki distinktive capabilities dibanding pesaingnya ?
Jawaban :
Untuk membuat agar vaksin pentabio memiliki distinctive capabilities dibandingkan pesaingnya adalah dengan terus melakukan riset untuk vaksin penyakit-penyakit baru dan penyakit yang bermutasi. Tetap memakai bahan baku yang halal karena itu merupakan keunggulan untuk bersaing di pasar dunia khususnya di pasar timur tengah. Organisasi-organisasi seperti kemandirian vaksin dan lain-lain perlu di tingkatkan untuk mempermudah dalam proses distribusi dan pemasaran produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About