Pages

Senin, 12 Oktober 2015

OSCM Tugas 1



TUGAS INDIVIDU 1
Produk yang dipilih adalah produk vaksin pentabio, vaksin adalah sebuah virus / bakteri yang dilemahkan yang dimasukan kedalam tubuh kita agar tubuh mengenal lebih awal sehingga mampu membentuk antibody untuk melawan virus/bakteri tersebut. Pentabio adalah DTP – HB – Hib (Jerap difteri, tetanus, pertussis, hepatitis b recombinan, haemopjilus influenza tipe-b) berupa suspensi homogeny yang mengandung toksoid tetanus dan difteri murni, bakteri pertussis(batuk rejan) inactive, antigen permukaan hepatitis b murni yang tidak infeksius, dan komponen Hib sebagai vaksin bakteri sub unit berupa kapsul polisakarida haemophilus influenza tipe b tidak inffeksius yang dikonjugasikan kepada protein toksoid tetanus.
1.      Sebutkan Karateristik barang/jasa yang anda pilih?
JAWAB :
Karakteristik vaksin pentabio adalah yaitu terbuat dari virus yang dilemahkan, tidak kuat berada pada suhu panas, rentan terkena kontaminasi, cara memasukan vaksin pentabio dengan cara disuntik sehingga tidak semua orang bisa melakukannya, terdapat 5 buah penyakit yang disatukan dalam 1 buah vaksin yaitu difteri, tetanus, pertussis, hepatitis b recombinan, haemopjilus influenza tipe-b.
2.      Indentifikasilah secara rinci faktor – faktor produksi / input yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut?
JAWAB :
Faktor produksi yang digunakan adalah virus Hib, Hepatitis tipe B, difteri, tetanus, Pertusis dengan kualitas yang baik sebelum di campurkan. serta kualitas tenaga kerja terutama pada tahap persiapan dan penyelesaian akhir/pengemasan. Bahan baku harus memiliki kualitas yang baik seperti telur untuk media bakteri.
3.      Berikan pula gambaran untuk proses produksinya!
JAWAB :
Gambaran tahapan proses prosuksi yaitu :
a)      Persiapan : Proses persiapan bahan baku, alat produksi, pakaian yang telah di sterilkan serta ruangan yang sudah disterilkan dengan tekanan, temperature, kelembapan tertentu
b)      Pembibitan : Merangsang virus/bakteri untuk berkembang biak dalam suatu media tertentu
c)      Pembelahan : Membelah antara cangkang dengan virus/bakteri untuk dilemahkan
d)     Pembesaran : proses membesarkan ukuran virus/bakteri sampai dengan ukuran yang sesuai dengan yang diinginkan
e)      Panen : waktu dimana virus/bakteri telah mencapai ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan produksi
f)       Bulk : bahan setengah jadi dari proses pembuatan vaksin Pentabio
g)      Pemurnian : memurnikan  bulk/bahan setengah jadi untuk memastikan tidak berbahaya untuk tubuh
h)      Formulasi : mencampur beberapa vaksin dengan ukuran dan dosis tertentu
i)        Quality control : memastikan kualitas dari vaksin
j)        Pengemasan : memasukan vaksin pada botol yang telah disediakan dan dimasukan ke dalam dus-dus sebelum di export
4.      Identifikasikanlah strategi operasi terbaru dan mana yang akan diterapkan?
JAWAB :
Strategi yang digunakan adalah agile manufacturing (serba cerdas) dan mass costumization (melayani konsumen yang senang berubah=rubah). Serba cerdas karena untuk mendapatkan sebuah formula vaksin yang pas dan tidak berbahaya harus dengan sumber daya yang cerdas dalam melakukan penelitian dan harus melayani keinginan konsumen yang berubah-rubah karena virus/bakteri akan berubah dan bermutasi sehingga penyakit juga akan berubah. Oleh karena itu dibutuhkan vaksin yang berubah pula untuk menangkalnya.
5.      Tema operasi mana yang akan diterapkan pada produk anda? Jelaskan!
JAWAB :
“New operation themes” yang digunakan adalah continuous improvement agar produk vaksin terus berkembang dalam menghadapi penyakit-penyakit baru. Dan juga globalization of operation agar produk vaksin dapat di pakai di berbagai Negara/mengembangkan pasar export.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About