Pages

Senin, 12 Oktober 2015

ERP Tugas 4 Ulasan The Bear



Nama : Fakhri Munziar
Nim     : 1414101012

Ulasan Permainan The beer
Tanggapan tentang permainan the beer adalah kita menjadi mengerti tentang supply aliran barang dari supplier, factory, distributor, grosir/pasar, pedagang, hingga sampai ke konsumen. Pengiriman Barang membutuhkan waktu dari saat order untuk sampai kepada konsumen dalam permainan the beer diibaratkan membuhkan waktu 2 periode. Pedagang harus dapat memprediksi kebutuhan konsumen, stok barang harus dapat melayani konsumen, tetapi juga tidak dalam stok berlebih yang menjadikan inventory barang menjadi penuh.
Dalam dunia nyata sering terjadi kasus stok tidak tersedia, itu diakibatkan karena rantai supply panik dan mengorder barang sebanyak-banyaknya sehingga barang yang ada di inventori tidak cukup untuk melayani permintaan konsumen. Hal tersebut terjadi pula pada simulasi game the beer, karena panik order melebihi kapasitas yang ada di inventori sehingga stok habis dan juga ketidak tepatan dalam memprediksi permintaan pasar dan konsumen.
Strategi yang harus dilakukan untuk memenangkan permainan the beer ini adalah dengan cara membatasi stok di angka tertentu, dalam permainan the beer yaitu 10 stok barang. Dan strategi lainnya adalah dengan selalu melakukan order dengan jumlah yang sama seperti permintaan pasar/konsumen. Dengan begitu stok akan tetap terjaga tidak kekurangan dan tidak berlebihan stok yang tersedia. Selain itu juga harus memperhitungan waktu delay sebanyak 2 periode yang dalam kehidupan nyata adalah sama seperti waktu pengiriman barang.






Nama : Fakhri Munziar
Nim     : 1414101012

Ulasan buku ERP Demystified
Alexis Leon (L&L Consultancy Services pvt Ltd Cbennai)
Pada Buku ini di jelaskan tentang apa itu ERP, apa keuntungan menggunakan ERP, Modul-Modul ERP, Pasar dari ERP, dan juga Perusahaan-perusahaan yang membuat ERP. ERP mulai dari perkembangan industry manufacturing yang harus senantiasa dapat memonitor barang dan material. Kesulitan dalam mengontor jumlah barang dan material menjadikan ERP mulai dikembangkan. ERP mengintegrasikan Informasi mulai dari rencana strategi operasi, Manufaktur, managemen material, managemen qualitas, sales dan pendistribusian barang, keuangan, sumber daya manusia, persediaan dan gudang, serta managemen dalam melakukan perbaikan dan pemeliharaan berkala.
Pasar ERP (Enterpraise Resources Planning) sangat besar permintaannya, menurut para analis akan naik 30% dalam 5 tahun kedepan. Mengapa banyak perusahaan yang membutuhkan ERP penyebabnya banyaknya permasalahan seperti berikut:
1.      Ingin memperbaiki performa bisnis
2.      Ingin pertumbuhan bisnis
3.      Ingin Flexible, terintegrasi, dan mensupport untuk melakukan keputusan secara real-time
4.      Ingin mengelola pasar
Keunggulan apabila kita menggunakan ERP adalah :
1.      Bisnis terintegrasi
2.      Flexible
3.      Rencana Terjadwal dan analisis yang baik
4.      Menggunakan teknologi
5.      Tepat waktu dalam pengiriman barang
6.      Memperkecil kemungkinan waktu telat
7.      Mengetahui apa yang konsumen inginkan
8.      Efisiensi sumber daya yang digunakan
9.      Memperbaiki keakuratan informasi dan pengambilan keputusan
10.  Memperkecil kualitas biaya
Informasi dalam suatu perusahaan harus bersifat terbuka, dari mulai input-proses-output . Minimal dalam system informasi harus memiliki 3 element yaitu manusia, prosedur, dan data. Manusia akan mengikuti prosedur lalu akan memanipulasi data untuk menghasilkan informasi.
ERP menawarkan banyak keuntungan, tetapi selalu ada pertanyaan apa keuntungan uang yang kita dapatkan? ERP merupakan investasi yang sulit diukur keuntungannya, tidak terlihat dan tidak akan terasa langsung. Hanya kemudahan yang kita dapat dari implementasi ERP akan mempermudah kita dalam pengembangan bisnis yang berdampak pula pada pendapatan perusahaan.
ERP tidak hanya dijual secara paket, ada juga aplikasi ERP yang dijual secara terpisah-pisah. Ini dikarenakan harga ERP yang mahal, sehingga dibutuhkan alternative untuk perusahaan sehingga perusahaan akan menyesuaikan aplikasi ERP mana yang terlebih dahulu dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut adalah modul-modul paket ERP :
1.      Keuangan
2.      Sumber daya Manusia
3.      Perencanaan Produksi
4.      Perbaikan dan pemeliharaan
5.      Sales dan Pendistribusian
6.      Management bahan baku material
7.      Managemen kualitas
8.      Proses produksi
Pasar ERP dikuasai oleh 3 besar perusahaan besar, yaitu SAP, Oracle, Microsoft. Untuk SAP mengusai pasar dengan persentase 29% sehingga mengusai pasar ERP dengan posisi no 1, di posisi kedua adalah oracle dengan persentasi 10% pasar ERP dan terakhir adalah Microsoft dengan 9% .
Pada buku ini selain diceritakannya asal mula perkembangan ERP, keunggulan, juga dijelaskan tentang alur proses pembuatan ERP yang melibatkan 3 unsur yaitu vendor, konsultan, dan user/employees. Dijelaskan pula implementasi setelah melakukan pembuatan ERP. Penjelasan tentang modul-modul ERP yang terpisah, apa saja keunggulannya dan jenisnya, sehingga kita dapat memperhitungkan untuk memilih modul mana yang kita dahulukan apabila terkendala masalah biaya. Perusahaan yang membuat ERP pun ikut dibahas agar kita dapat menentukan produk mana yang akan kita gunakan dengan referensi latar belakang perusahaan pembuat ERP. Perusahaan pembuat ERP diantaranya adalah, SAP, oracle, Microsoft, people soft dan lainya. Dibahas pula integrasi antara ERP dan E-commerce yang dapat di kombinasikan dalam perusahaan. Selain dengan E-commerce ERP juga dapat dikombinasikan dengan aplikasi lainnya. Penjelasan ERP mulai dari alur sampai dengan etimology nya sangat jelas dan memberikan pengertian bahwa investasi di bidang IT semisal ERP berdampak jangka panjang dan tidak akan langsung terasa oleh perusahaan. Pada buku ini pula dijelaskan tentang segmen bisnis baru di dunia ERP seperti focus pada pemerintahan, kesehatan, perdagangan dan pelayanan keuangan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About